Sabtu, 08 Desember 2012

Tugas_V-Class_Sistem Terdistribusi

DDOS ATTACK

Nama : M. Fauzan Ardiansyah
NPM  : 19112056
Kelas  : 4KA34




Pengertian DOS

DoS merupakan kependekan dari Denial of Service. Dalam kamus, Denial berartipengingkaran, penolakan, dan of artinya dari, punya, sedangkan service artinya layanan.Jadi, berdasarkan makna kamus, Denial of Service berarti penolakan dari layanan.Dalam istilah dunia IT, DoS attack adalah jenis serangan terhadap sebuah komputer atauserver atau router atau mesin di dalam sebuah jaringan Internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar.

Bagaimana cara kerja DoS

Dalam tipe koneksi jaringan biasa, user mengirimkan sebuah pesan untukmenanyakan otentikasi user yang bersangkutan ke server. Kemudian server merespon permintaan user tersebut dengan memberikan jawaban persetujuanotentikasi ke user tersebut. User tersebut mendapatkan ijin otentikasi selanjutnyadapat masuk kedalam sistem.Dalam serangan DoS, user akan mengirimkan beberapa permintaan otentikasi keserver, dengan memenuhi bandwidth server. Semua permintaan yang dilakukan olehuser memiliki alamat pengembalian yang salah, sehingga server tidak dapatmenemukan user yang bersangkutan ketika ingin mencoba mengirimkan persetujuanotentikasi yang diminta oleh user tersebut. Server akan menunggu, kadang-kadanglebih dari beberapa menit, sebelum menutup koneksi atas user tersebut. Ketikakoneksi tersebut ditutup, penyerang akan mengirimkan permintaan baru kepadaserver, dan proses otentikasi akan dimulai lagi dari awal. Begitu seterusnya sehinggamengikat layanan yang diberikan server untuk jangka waktu tidak terbatas. Jika haltersebut terjadi maka user lain yang ingin mengakses sesumber (resouces) didalam jaringan tersebut tidak dapat melakukan koneksi karena server tersebut disibukkanoleh permintaan otentikasi user yang melakukan serangan DoS tadi

Jenis-jenis Serangan DoS

Serangan DoS adalah jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internetdengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki olehkomputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya denganbenar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperolehakses layanan dari komputer yang diserang tersebut.Dalam sebuah serangan Denial of Service, si penyerang akan mencoba untukmencegah akses seorang pengguna terhadap sistem atau jaringan denganmenggunakan beberapa cara, yakni sebagai berikut:Membanjiri lalu lintas jaringan dengan banyak data sehingga lalu lintas jaringan yangdatang dari pengguna yang terdaftar menjadi tidak dapat masuk ke dalam sistem jaringan. Teknik ini disebut sebagai traffic flooding.Membanjiri jaringan dengan banyak request terhadap sebuah layanan jaringan yangdisedakan oleh sebuah host sehingga request yang datang dari pengguna terdaftar tidakdapat dilayani oleh layanan tersebut. Teknik ini disebut sebagai request flooding.Mengganggu komunikasi antara sebuah host dan kliennya yang terdaftar denganmenggunakan banyak cara, termasuk dengan mengubah informasi konfigurasi sistematau bahkan perusakan fisik terhadap komponen dan server.Bentuk serangan Denial of Service awal adalah serangan SYN Flooding Attack, yangpertama kali muncul pada tahun1996 dan mengeksploitasi terhadap kelemahan yangterdapat di dalam protokol Transmission Control Protocol(TCP). Serangan-seranganlainnya akhirnya dikembangkan untuk mengeksploitasi kelemahan yang terdapat didalamsistem operasi, layanan jaringan atau aplikasi untuk menjadikan sistem, layanan jaringan, atau aplikasi tersebut tidak dapat melayani pengguna, atau bahkan mengalamicrash. Beberapa tool yang digunakan untuk melakukan serangan DoS pun banyakdikembangkan setelah itu (bahkan beberapa tool dapat diperoleh secara bebas),termasuk di antaranya Bonk, LAND, Smurf, Snork, WinNuke, dan Teardrop.
Software ini terdiri dari 4 jenis serangan yang dapat dipilih yaitu :
1.      Syn attack
2.            Echo spoof 
3.      UDP Flooding
4.     Smurf Attack

Worm pada Ddos

Yaitu berupa serangan berupa penggandaan diri tanpa menginfeksi file asli, biasanya worm tersebar melalui flashdisk , disket, E-mail ( berupa attachment ). Pada kinerja worm tersebut biasa disebut dengan Mail Attack
  

Bagaimana cara mengatasi/mendeteksi serangan Dos?

Untuk mengatasi terjadinya serangan DoS maka hal pertama yang dilakukan adalahdengan mengetahui jenis-jenis serangan DoS dan bagaimana cara kerjanya. Kita harusmengetahui kelebihan dan kelemahan penyerang sebelum melakukan seranganbalasan. Setelah mengetahui cara kerja dan jenis-jenis serangan DoS maka langkahberikutnya yang paling sering digunakan adalah dengan melakukan pengaturandengan cara penyaringan/ filtering, atau “sniffer”/ mengendus pada sebuah jaringansebelum sebuah aliran informasi mencapai sebuah server situs web. Penyaringtersebut dapat melihat serangan dengan cara melihat pola atau meng-identifikasikandungan/ isi dari informasi tersebut. Jika pola tersebut datang dengan frekuensiyang sering, maka penyaring dapat memberikan perintah untuk memblokir pesanyang berisikan pola-pola tersebut, melindungi web server dari serangan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar